Tuntulah ilmu pengetahuan itu mulai dari buaian, sampai keliang lahat
Ilmu pengetahuan tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu pengetahuan buta
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina
 

Kimia yang Berkaitan dengan Perdagangan

Senin, 08 April 2013


• Bahan Logam
1. Besi
Besi mentah dibuat dari bijih besi yaitu hematit (Fe2O3). Bijih bise diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan besi cord an besi baja.
2. Aluminium
Diperoleh dari biijih aluminium yang disebut bauksit. Aluminium muri mudah membentuk senyawa oksida, yaitu senyawa Al2O3. Oksida ini akan melapisi aluminium dibawahnya sehingga secara keseluruhan logam aluminium sukar terkena korosi.
3. Tembaga
Tembaga di alam terdapat dalam bentuk mineral kalkopirit dan malakit. Tembaga merupakan logam yang mudah ditempa(banyak digunakan kerajinan seni) dan mudah menghantarkan arus listrik (digunakan sebagai kabel dan komponen alat elektronik).
• Bahan Polimer
Plastik yang biasa digunakan sebagai pembungkus merupakan salah satu polimer. Plastic sebagian besar dihasilkan drai minyak bumi. Dapat dibedakan berdasarkan ketahanan panas, yaitu plastic termoplastik (tahan panas) dan thermoset (tidak tahan panas).
• Bahan Kimia
1. Asam Sulfat
Banyak digunakan karena harganya yang relative murah dan dapat digunakan untuk pembuatan garam sulfat.
Asam sulfat digunakan untuk pembuatan pupuk, penyamakan kulit, pengolahan minyak, pewarnaan tektil, dan pertambangan timah.
2. Amonia
Gas ammonia digunakan sebagai bahan baku pembuatan pupuk (urea dan ZA), pembuatan pulp, pembuatan asam nitrat dan garam nitrat, bahan peledak, dan bahan pendingin.
3. Asam Klorida
Asam klorida digunakan sebagai pelarut dalam industry logam, kimia, makanan, dan pengolahan minyak bumi.

0 komentar:

Posting Komentar