Tuntulah ilmu pengetahuan itu mulai dari buaian, sampai keliang lahat
Ilmu pengetahuan tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu pengetahuan buta
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina
 

Hukum Perbandingan Volume (Hukum Gay-Lussac)

Kamis, 24 Mei 2012

Reaksi pembentukan sebuah senyawa tidak selalu dalam bentuk padat, namun juga terjadi dalam bentuk gas.

Pada tahun 1808, ilmuwan Perancis, Joseph Louis Gay Lussac, berhasil melakukan berbagai percobaan/reaksi menggunakan berbagai macam gas dengan volume sebagai titik perhatiannya. Menurut Gay Lussac 2 volume gas hidrogen bereaksi dengan 1 volume gas oksigen membentuk 2 volume uap air. Reaksi pembentukan uap air berjalan sempurna, memerlukan 2 volume gas hidrogen dan 1 volume gas oksigen, untuk menghasilkan 2 volume uap air, lihat model percobaan pembentukan uap air pada Gambar 6.15.


gambar 6.15
Gambar 6.15. Model percobaan Gay Lussac untuk pembentukan uap air dari gas hidrogen dan oksigen

Dari hasil eksperimen dan pengamatannya disimpulkan bahwa
“volume gas-gas yang bereaksi dan volume gas-gas hasil reaksi, jika diukur pada suhu dan tekanan yang sama, akan berbanding sebagai bilangan bulat dan sederhana.

Dari percobaan ini ternyata diketahui bahwa 2 liter uap air dapat terjadi, jika direaksikan 2 liter gas Hidrogen dengan 1 liter gas Oksigen. Reaksi ini ditulis :

2 liter gas H2 + 1 liter gas O2 → 2 liter uap H2O

Dari persamaan reaksi yang dituliskan diatas tampak bahwa perbandingan volume dari H2: gas O2 : uap H2O adalah 2 : 1 : 2.

Untuk lebih menyederhanakan pengertian dari konsep perbandingan volume yang diajukan oleh Gay Lussac, perhatikan contoh kasus dibawah ini pengukuran dilakukan pada ruang yang sama artinya suhu dan tekanannya sama. Reaksi antara gas nitrogen sebanyak 2 liter dengan gas hydrogen sebanyak 6 liter menghasilkan gas amoniak sebanyak 3 Liter, sehingga perbandingan dari ketiga gas tersebut adalah 2 : 6 : 3, masing-masing untuk gas N2, H2, dan gas NH3. Perhatikan Tabel 6.16.

tabel 6.16
Tabel 6.16. Beberapa contoh reaksi gas yang menunjukan perbandingan volume yang tetap

Sumber

_____sincerely_____

0 komentar:

Posting Komentar