Tuntulah ilmu pengetahuan itu mulai dari buaian, sampai keliang lahat
Ilmu pengetahuan tanpa agama lumpuh, agama tanpa ilmu pengetahuan buta
Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina
 

Diatom (Bacillariophyta)

Sabtu, 16 Juni 2012

Diatom termasuk Alga uniseluler yang merupakan penyusun fitoplankton baik di perairam tawar maupun di lautan. Bentuk Diatom sangat khas dengan dinding tubuhnya terdiri atas kotak (hipoteka) dan tutup (epiteka). Antara tutup dan kotak tersebut terdapat celah yang disebut rafe.

Ganggang ini dikenal sebagai diatomae atau ganggang kersik karena dinding sel tubuhnya mengandung zat kersik. Kersik merupakan komponen penting dalam plankton. Dinding sel diatom bagian dalam mengandung pectin dan bagian luarnya mengandung silikat. 

Apabila diatom mati, protoplasma dan pectin terdekomposisi dan terpisah dari lapisan silikat. Selanjutnya silikat mengendap di dasar air dan menjadi tanah diatom.

Pengertian Tanah Diatom (Diatom Earth)

Diatom Earth atau lebih dikenal dengan sebutan tanah diatom merupakan peristiwa yang terjadi apabila adanya penumpukan cangkang diatom yang telah mati, protoplasma sel dan pectin dari dinding selnya terdekomposisi dan terpisah dari lapisan silica. Karena cangkang tersebut mengandung silica, cangkang ini akan tetap utuh walaupun tertimbun selama berabad-abad. Selanjutnya silica mengendap di dasar air dan menjadi tanah diatom.

Manfaat
Tanah ini bernilai ekonomis tinggi karena dapat digunakan antara lain sebagai berikut:
  • Sebagai bahan penggosok
  • Bahan penyaring
  • Penyuling gasolin
  • Bahan pembuat jalan
  • Bahan dasar kosmetik
  • Bahan dinamit.
Sumber

_____sincerely_____

0 komentar:

Posting Komentar